Jumat, 09 Maret 2018

Brain based learning revisi

Nama :muarofakh
NIM :16.17.0534
Semester : IV


Cara agar membuat kegiatan belajar mengajar ada 3 yaitu:
1. Learning is Most Efective when It's Fun
2. AMBAK
3. Brain Bassed Learning

Brain Based Learning bisa diartikan bahwa belajar mengajar yang didasarkan pada cara bekerjanya otak.

Keajaiban otak dalam bahasa yang sangat cair dan mudah dibaca dalam buku karya jalaludin Rahmat diantaranya membahas:
a. Otak anda menakjubkan
Otak kita terus berkembang bila kita hidup dalam lingkungan yang penuh tantangan. mempelajari hal hal baru , memecahkan masalah masalah baru, atau hidup dalam lingkungan baru
b. Pentingnya makanan bagi otak
Tomat dan kismis serta ikan-ikan laut begitu penting bagi kebugaran otak
c. pentingnya gerakan (brain gym) bagi otak
d. bagaimana mengembangkan otak untuk memperkaya lingkungan

Memahami komponen-komponen otak dan mengetahui bagaimana otak bekerja akan membuat seseorang dapat belajar secara efektif dan menyenangkan . Didalam otak terdapat beberapa area yang menunjukkan jenis-jenis kecerdasan tertentu. Ada sembilan macam kecerdasan yang kemudian diistilahkan sebagai kecerdasan majemuk ( Multiple Intelegense). Intinya setiap anak pasti punya peluang untuk mengembangkan satu atau dua jenis kecerdasan secara menonjol. Apabila pendidikan dapat mengembangkan seluruh kecerdasan yang ada pada setiap anak , niscaya pendidikan itu akan meraih sukses besar. Apabila seorang pengajar masa kini menggunakan teori multiple intelegense , selain dia akan didorong untuk mengajar secara kreatif menggunakan minimal sembilan cara dia pun akan memandang anak didiknya secara positif. anak didik yang suka usil dan maunya bergerak terus, ada kemungkinan si anak didik memiliki kecerdasan tubu ( Body smart ) yang tinggi. artinya, anak yag memiliki kecerdasan tubuh yang tinggi perlu diajak berpikir ( memahami suatu mata pelajaran) dengan menggunkan gerakan. Jadi, tidak ad anak yang tidak dapat mempelajari suatu mata pelajaran jika pengajar menggunakan teori multiple Intelegense.

Anak-anak yang suka melamun dan menyendiri , bukanlah anak-anak yang sulit diajak belajar bersama, anak-anak ini ada kemungkinan memiliki kecerdasan diri ( self smart) yang tinggi. Mereka suka merenung dan memecahkan persoalan secara sendirian. Mungkin saja, mereka memang lemah dalam bergaul atau kurang memiliki kecerdasan gaul ( people smart). Anak-anak yang suka melamun dan kurang suka belajar bersama-sama , bisa jadi sangat potensial menjadi seorang filosof atau psikolog.Dengan mencoba memperhatikan anak-anak yang memiliki keunikan pribadi, sebuah pembelajaran dapat dibagun secara menyeagkan dan demokratis

Otak kita memiliki dua belahan yaitu belahan otak kiri dan otak kanan. Kedua belahan otak tersebut bekerja secara sangat berbeda. Belahan otak kiri berpikir secara rasional, dan belahan otak kanan berpikir secara emosioanl

Tony Buzan menciptakan  metode baru mencatat bernama mind map ( peta pikiran). Metode ini cara bekerjanya disesuaikan dengan bekerjnya dua belahan otak kiri dan otak kanan. . Ketika mencatat sebaiknya tidak menggunakan teks, namun juga gambar. Jika perlu perkaya dengan warna, sebab otak senang dengan warna. Bentuk catatannya bagaikan bentuk sepotong neuron atau sel saraf.

Menurut Tony Buzan, Rata-rata otak manusia baru dimanfaatkan oleh para pemiliknya sekitar 1%, sebab ada 99% kehebatan otak manusia yang belum dimanfaatkan. Bisa saja kelas-kelas di sekolah menjadi membosankan dan kurang menggairahkan lantaran kita tidak memanfaatkan kehebatan otak kita.

Wycoff dalam bukunya Menjadi Superkreatif melalui metode pemetaan pikiran mengajak siapa saja untuk menerapkan metode mind map dalam berbagai kegiatan
a.Mengefektifkan pemahaman materi belajar
b. membuat presentasi menarik dan colourful
c. memilih tema yang terfokus dalam menulis
d. menulis laporan bisnis yang dapat merebut perhatian pembacanyae. merinci secara efektif agenda pribadi, seperti jadwal harian, daftar telepon, dsb

Colling Rose praktisi accelerated learning menekankan pentingnya memperbesar porsi pengajaran ihwal bagaimana belajar ( how) ketimbang apa yang diajarkan ( what) ketika seorang pengajar berada di kelas. Lewat karyanya rose menunjukkan apabila anak didik dilengkapi dengan alat-alat belajar yang kaya dan beragam , mereka tentu dapat belajar dimanapun berada.  Pengajar tidak usah terbebani dengan target menghabiskan materi yang ada di kurikulum. Pengajar tinggal merangsang atau memotivasi mereka untuk belajar lebih cepat dan menyenangkan baik di kelas maupun diluar kelas.

Tugas pengajar di era cyberspace, selain memberikan berbagai alat belajar adalah memotivasi mereka untuk mencari ilmu di kelas. dengan di temukannya berbagai keajaiban otak , kini terbuka lebar bagi para pendidik untuk menekankan how ketimbang what sebuah pembelajaran dilangsungkan di sekolah.

Apabila pembelajaran didasarkan pada sistem bekerjanya otak, penyelenggaraan kurikulum berbasis kompetensi yang marak diperbincangkan padatahun 2003 dan 2004 akan semakin jelas. Kompetensi akan mudah dimunculkan oleh para siswa karena mereka akan dapat leluasa memilih cara belajar yang disesuaikan dengan karakternya. artinya apabila seorang guru membuka peluag agar sebuah mata pelajaran yang diajarkannya dapat diakses oleh, misalnya sembilan cara yang dimiliki oleh setiap anak,tentulah anak didik akan tidak bosan dan dapat menentukan cara belajar yang disenangi dan cocok dengan karakternya.

Hal penting yang dapat dilakukan oleh para pengajar adalah dengan mencoba mencari kaitan antara mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari para siswa. Metode contextual teaching and learning ( CTL) akan efektif diterapkan apabila si penerap metode CTL menguasai brain based learning ( BBL). CTL dan BBL adalah konsep ampuh yang dapat menggerakkan proses pendidikan di sekolah menjadi kegiatan yang enyeangkan dan bermakna. CTL dpat mendekatkan dunia nyata lewat sebuah mata pelajaran kepada anak didik., BBL dapat menjadikan anak memilih cara belajar yang cocok dengan dirinya . Kedua metode belajar ini apabila dipadukan akan membuahkan hasil-hasil pendidikan yang luar biasa.

Triune brain adalah susunan otak yang ada di kepala manusia, kadang disebut juga sebagai entitas "three in one ( tiga jenis otak dalam satu kepala. "Jika kita membedah otak kita , pada dasar tengkorak, kita akan menemukan sebuah segmen yang sama persis dengan yang ditemukan pada seekor kadal, buaya, atau burung.Olaeh karena itu , sebagin ilmuwan menyebutnya "otak reptil". Bagian otak ini mengendalikan fungsi-fungsi sederhana yang penting: seperti pernafasan, detak jantung, dan banyak naluri dasar yang lain.

Diatas batang otak kita adalah otak tingkat dua. Sistem limbik ini sering juga disebut otak mamalia tua, karena mirip dengan bagian utama otak mamalia. Para ilmuwan mengatakan bahwa bagian ini mulai berkembang pada mamalia berdarah panas pertama atau binatang menyusui antara 200-300 juta tahun yang lalu. Mereka mengatakan bahwa mamalia masih memiliki otak reptil, namun memiliki kelebihan lain.

Terletak diatas sistem limbik adalah celebrum dua sisi dan korteks nya yang menutupi seluruhnya seperti selimut. Tebal korteks 3 mm. Korteks memiliki enam lapisan , masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, untuk memproses input dari setiap indra dan bereaksi terhadapnya. Ini merupkan bagian otak yang membuat manusia menjadi spesies yang unik.

Dalam bahasa pelatihan superlearning ketiga macam otak itu diberi identitas yang unik. otak repti di identikkan dengan satpam otak, sementara otak mamalia diidentikkan dengan manager otak, dan otak manusia diidentikkan dengan direktur otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar